Dimulai sebagai solusi ideal untuk asisten pribadi virtual, seperti Siri dari Apple yang memungkinkan pengguna menggunakan teknologi suara untuk melakukan berbagai tugas seperti mengirim pesan teks, menjadwalkan rapat, atau melakukan panggilan telepon, Virtual Asisten Cerdas sekarang menjadi terkenal sebagai alat penting bagi merek untuk diterapkan secara efektif dengan melibatkan pelanggan. Bisa dikatakan virtual asisten veronika telkomsel adalah pengembangan tahap paling kini dari virtual asisten cerdas.

Asisten AI dengan cepat keluar dari aplikasi pribadi dan memasuki lanskap yang lebih berorientasi bisnis, misalnya, Asisten Digital Oracle yang dirancang untuk menjadi platform ideal untuk penjualan, pemasaran, dan vertikal industri lainnya dengan berinteraksi dengan portofolio aplikasi perangkat lunak yang luas .

Teknologi Virtual Asisten Cerdas digunakan di berbagai aplikasi industri, misalnya, mengambil peran sebagai agen penjualan atau eksekutif layanan pelanggan, yang menjadikannya pilihan yang dapat diskalakan dan menarik bagi perusahaan. Bisnis sebagian besar mengadopsi asisten digital untuk mendorong efisiensi, meningkatkan ROI, mengoptimalkan proses, dan membantu mengurangi beban kerja.

Ketika ruang industri tumbuh semakin kompetitif, keterlibatan pelanggan telah muncul sebagai salah satu aset paling signifikan untuk merek yang sukses. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa hampir 96% pelanggan di seluruh dunia percaya bahwa layanan pelanggan adalah faktor signifikan yang berkontribusi terhadap loyalitas mereka pada suatu merek.

Virtual Asisten Cerdas membantu merek memberikan pengalaman pelanggan yang positif dengan mencakup sejumlah aspek berbeda. Misalnya, asisten AI dapat dengan cepat menyelesaikan masalah pelanggan melalui saluran pilihan pelanggan, memastikan kecepatan dan kenyamanan. Mereka juga dapat berintegrasi dengan berbagai sistem dan basis data merek, sehingga menawarkan basis pengetahuan yang kuat untuk memberikan solusi yang disesuaikan kepada pelanggan. Selain itu, mereka mampu menyesuaikan nada dan bahasa mereka dengan konteks, yang membantu mereka meniru percakapan manusia. Semua faktor ini membantu asisten digital memainkan peran sebagai perwakilan layanan pelanggan yang efisien dan membantu.