Amazon Alexa, Apple Siri, Google Asisten dan tanya veronika asisten virtual semuanya menjadi lebih baik dalam memahami dan menjawab pertanyaan, sebagian berkat setiap raksasa teknologi yang menggunakan manusia untuk membantu meningkatkan AI mereka. Tak hanya mereka, Indonesia lewat telkomsel juga meluncurkan asisten virtual veronika dengan chatbot sebagai produknya.

Mengingat bahwa suara dimaksudkan untuk menjadi garis depan antarmuka komputer berikutnya, analis investor seperti Loup Ventures sangat ingin memahami perusahaan mana yang memiliki antarmuka terbaik untuk input suara.

Desember lalu, perusahaan menguji Amazon Alexa, Apple Siri, Asisten Google, dan Microsoft Cortana terhadap 800 pertanyaan untuk mengetahui mana yang lebih unggul.

Google menjawab 88% pertanyaan dengan benar, sementara Apple mendapat skor 75%, Alexa mendapat skor 72,5%, dan Cortana masuk dengan 63%. Namun, pengujiannya dilakukan pada speaker pintar dan bukan pada smartphone.

Jadi Loup Ventures baru-baru ini menjalankan tes ‘IQ’ serupa tetapi kali ini hanya berfokus pada kemampuan asisten di telepon dan menjatuhkan Cortana karena Microsoft tahun lalu memutuskan tidak lagi bersaing dengan Alexa, Asisten Google, dan Siri.

Penghapusan Cortana dan isolasi asisten untuk penggunaan ponsel cerdas tidak mengubah urutan peringkat.

Asisten Google masih berada di urutan teratas, namun kini dengan skor 92,9% untuk menjawab pertanyaan dengan benar. Siri menjawab dengan benar 83,1% pertanyaan, sementara Alexa menjawab dengan benar 79,8%.

Pertanyaannya adalah pertanyaan umum yang mungkin terpikirkan oleh orang dewasa untuk ditanyakan melalui telepon, seperti, “Di mana kedai kopi terdekat?”. Pertanyaan dirancang untuk menguji kemampuan setiap sistem untuk memberikan informasi yang akurat tentang hal-hal lokal, bisnis, navigasi dan informasi, serta menjalankan perintah.

Sementara peringkat tes IQ smartphone sama dengan tes speaker pintar, analis Loup Ventures Gene Munster dan Will Thompson, memaafkan kinerja keseluruhan Alexa, yang dipengaruhi secara negatif oleh perintah karena ini adalah aplikasi dan bukan sepenuhnya terintegrasi ke dalam perangkat dan sistem operasi. Apple Siri berkinerja terbaik pada perintah.

“Asisten Google adalah yang berkinerja terbaik di empat dari lima kategori tetapi gagal lagi dari Siri dalam kategori Command. Siri terus terbukti lebih berguna dengan fungsi yang berhubungan dengan telepon seperti menelepon, mengirim pesan teks, mengirim email, kalender, dan musik,” Loup Ventures menulis.

“Baik Siri dan Asisten Google, yang dimasukkan ke dalam OS ponsel, jauh mengungguli Alexa di bagian Command. Alexa hidup di aplikasi pihak ketiga, yang, meskipun dapat mengirim pesan suara dan memanggil perangkat Alexa lainnya, tidak dapat mengirim pesan teks, email, atau memulai panggilan telepon. ”

Loup Ventures berpendapat bahwa asisten di smartphone harus diperlakukan berbeda dari speaker pintar karena digunakan secara berbeda dan memiliki antarmuka yang berbeda. Misalnya, speaker tidak memiliki layar.