Apa Itu Asisten Virtual ? Asisten virtual (VAs) awalnya adalah kontraktor independen yang memberikan layanan administratif kepada klien saat beroperasi di luar kantor klien. Virtual Assistan bekerja dari kantor pusat, tetapi semua data, dokumen, seperti kalender, terbuka untuk klien melalui internet.

Orang yang bekerja sebagai asisten virtual sering kali memiliki pengalaman beberapa tahun sebagai asisten administrasi atau manajer kantor. Peluang baru terbuka bagi asisten virtual yang ahli dalam media sosial, manajemen konten, penulisan posting blog, desain grafis, dan pemasaran Internet.

Kebutuhan akan asisten virtual mungkin akan meningkat, seiring dengan kebutuhan bergulirnya ekonomi ditengah krisis kesehatan seperti pandemi 2020 COVID-19. Sebenarnya tak hanya dunia bisnis yang membutuhkan asisten virtual, sebagai perseorangan dengan banyak tasks yang harus dikerjakan juga membutuhkannya. Misalnya anda sebagai seorang karyawan yang juga berjualan di toko online sekaligus menulis untuk blog money site. Anda tak bisa menjalankan sendiri semuanya, disinilah dibutuhkan para pekerja virtual tersebut. Bisa memilih ingin yang seperti apa, apakah asisten untuk menulis blog atau upload produk anda.

Sebenarnya virtual asisten tidak terbatas berasal dari sumber daya manusia, ada juga robot. Seperti beberapa tahun lalu Apple telah meluncurkan Siri dan google dengan google assistant. Keduanya benar-benar mampu memudahkan penggunanya menjalankan beberapa task yang umum. Seperti membaca pesan, dial telpon, bahkan hingga mencari restoran terdekat. Anda dapat membaca perbedaan antara Apple Siri, Google Assistant dan Amazon Alexa disini.

Di Indonesia, teknologi seperti itu telah ada dan lama digunakan, salah satunya oleh telkomsel dengan telkomsel veronika. Bahkan sekarang berkembang menjadi asisten virtual veronika yang membantu para pelanggan membeli pulsa atau paket data, melalui berbagai platform seperti whatsapp, telegram, line dll.